Laksanakan Pilkada Serentak dengan Aman dan Jujur untuk Membangun Kehidupan Bernegara yang Lebih Demokratis

Jumat, 23 Februari 2018

Di Singkawang Bakal Dibangun Rumah Adat Tionghoa


Singkawang, Warta Khatulistiwa
Wali Kota Singkawang, Tjhai Cui Mie mengatakan bahwa nantinya akan dibangun Rumah Adat Budaya Tionghoa Kota Singkawang. “Sekarang dalam proses bagaimana mengurus lahan yang akan dibangun, dan ini sesuai kampanye kita, bahwa rumah adat dayak sudah ada serta juga rumah adat Melayu juga sudah ada, batik dan tarian juga sudah ada,” katanya, Kamis (22/2/2018).

Wali kota berusaha mewujudkan rumah adat Budaya Tionghoa dengan sumber dana dari pihak swasta atau pihak ketiga lantaran APBD Kota Singkawang saat ini memang terbatas atau kecil. Wacana pembangunan Rumah Adat Tionghoa Singkawang, disambut baik Ajung, satu di antara warga Tionghua Kota Singkawang.

“Kita sambut baik dengan adanya rencana pembangunan rumah adat Tionghua, apalagi pembangunan itu menggunakan anggaran di luar anggaran pemerintah,” katanya. Namun Ajung meminta bangunan saat ini juga perlu diperhatikan atau dimaksimalkan seperti rumah tradisional Marga Tjhia, yang notabene merupakan mewakili rumah adat tradisional warga Tionghua pada umumnya.

“Tidak hanya itu saja, perlu juga memaksimalkan bangunan-bangunan yang sudah ada, dan paling penting pembangunan infrastruktur di Kota Singkawang,” ujarnya.
Ajung juga menyarankan adanya museum di Kota Singkawang yang merupakan milik pemerintah, sehingga tetap menjadi milik pemerintah selamanya.(tri)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More